PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN ANGGOTA PADA KOPERASI CANDRA SEDANA MENGWI BADUNG

  • Made Agus Adhy Putra
  • Luh Komang Candra Dewi STIE BIITM
Keywords: pemasaran hubungan pelanggan, kualitas layanan, kepuasan anggota

Abstract

ABSTRACT
The purpose of this study is to determine the influence of customer relationship marketing (X1)
and service quality (X2) on the level of member satisfaction (Y) in the candra sedana
cooperative mengwi Badung. In this study, it is explained that there is a positive effect of
customer relationship marketing and service quality on the level of member satisfaction
simultaneously. The samples used in this study were 100 respondents. In this study, a statistical
analysis was assisted by the SPSS (Statistical for Social Science) 24 computer program for
windows. The regression equation obtained is Y = 4.779 + 0.486X1 + 0.181X2. The results of
this study indicate that; first, customer relationship marketing has a positive and significant
effect on member satisfaction, secondly, service quality has a positive and significant effect on
member satisfaction, the third customer relationship marketing and service quality have a
simultaneous positive effect of 66.7% on member satisfaction, the four variables of customer
relationship marketing have an effect more dominant on the level of member satisfaction. Some
suggestions that can be given in this research include; The Candra Sedana Cooperative needs
to ask for suggestions and criticism directly from members during the annual membership
meeting (RAT) or it can be by making a suggestion box for members. By knowing the wants or
needs of members, the cooperative can improve the quality of service so that it can achieve the
maximum level of member satisfaction.
Keywords: customer relationship marketing, service quality, member satisfaction
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh customer relationship marketing
(X1) dan kualitas pelayanan (X2) terhadap tingkat kepuasan anggota (Y) pada koperasi candra
sedana mengwi Badung. Dalam penelitian ini dijelaskan bahwa terdapat pengaruh positif
customer relationship marketing dan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan anggota
secara simultan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Dalam
penelitian ini analisis statistik dibantu dengan program komputer SPSS (Statistical for Social
Science) 24 for windows. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 4,779 + 0,486X1 +
0,181X2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; pertama, pemasaran hubungan pelanggan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota, kedua, kualitas layanan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota, ketiga pemasaran hubungan
pelanggan dan kualitas layanan berpengaruh positif secara simultan sebesar 66,7% terhadap
kepuasan anggota, keempat variabel customer relationship marketing memiliki pengaruh yang
lebih dominan terhadap tingkat kepuasan anggota. Beberapa saran yang dapat diberikan dalam
penelitian ini antara lain; Koperasi Candra Sedana perlu meminta saran dan kritik langsung dari
anggota pada saat rapat anggota tahunan (RAT) atau bisa juga dengan membuat kotak saran
untuk anggota. Dengan mengetahui keinginan atau kebutuhan anggota maka koperasi dapat
meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat mencapai tingkat kepuasan anggota yang
maksimal.
Kata kunci: pemasaran hubungan pelanggan, kualitas layanan, kepuasan anggota

Published
2021-09-21