PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PUKIS AND DONUT TUBAN BALI

  • Milka Taebenu
  • Mutria Farhaeni
  • Ni Putu Widiastuti
Keywords: Kompetensi, Motivasi, dan Kinerja Karyawan

Abstract

ABSTRACT
This study entitled "The Effect of Service Quality and Price on Sales Volume at
Warung Nyoman," aims to explain the effect of service quality and price on sales volume.
Collecting data in this study using interview techniques, documentation, and questionnaires
using a Likert scale. And the data analysis technique used multiple linear regression
analysis. Hypothesis testing using the F test and t test with a significance level of 5%.
Meanwhile, to measure validity and reliability, Pearson's product moment and Cronbach's
alpha are used. As well as to perform statistical analysis tests used tools, namely the SPSS
program for windows version 25. The sample, in this study amounted to 60 people. The
results of the study found that: (1) Service quality has a positive and significant effect on
purchasing decisions, the value of sig 0.000 < 0.005 indicates that H0 is rejected and H1 is
rejected. (2) Price has a positive and significant effect on purchasing decisions, obtained a
Sig.t value of 0.017 <0.05 which indicates that H0 is rejected and H1 is accepted. (3) Sales
Volume together have a positive and significant influence on purchasing decisions. The
simultaneous contribution or contribution of the Service Quality and Price variables to Sales
Volume on purchasing decisions is 95% confidence or 5% error rate.
Keywords: Service Quality, Price, and Sales Volume
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja
Karyawan di Pukis and Donut Tuban Bali,”, bertujuan untuk menjelaskan pengaruh
kompetensi dan motivasi terhadap kinerja karyawan. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan kuesioner dengan menggunakan skala
likert. Dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengujian
hipotesis menggunakan uji F dan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Sedangkan untuk
mengukur validitas dan reliabilitas digunakan product moment Pearson dan cronbach’s
alpha. Serta untuk melakukan pengujian analisis statistik digunakan alat bantu yaitu program
SPSS untuk windows versi 25. Sampel, dalam penelitian ini berjumlah 35 orang. Hasil
penelitian menemukan bahwa: (1) Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kinerja karyawan diperoleh nilai sig 0,000< α 0,005 mengidentifikasikan bahwa H0 ditolak
dan H1 diterima. (2) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan
beli diperoleh nilai Sig.t sebesar 0,022< 0,05 yang mengidentifikasikan bahwa H0 ditolak
dan H1 diterima. (3) Kompetensi dan motivasi berpengaruh positif dan siginifikan terhadap
kinerja karyawan diperoleh dengan nilai sig 000.
Kata Kunci : Kompetensi, Motivasi, dan Kinerja Karyawan

Published
2022-04-14