KEPUTUSAN KUNJUNGAN WISATAWAN DITINJAU DARI FASILITAS OBYEK WISATA DAN PEMASARAN PADA DESTINASI WISATA AIR TERJUN BLANGSINGA GIANYAR BALI

  • I Made Sumartana
  • Ni Putu Ria Cahyani
  • I Ketut Sirna
Keywords: Fasilitas Obyek Wisata, Pemasaran, Keputusan Kunjungan, Wisatawan.

Abstract

ABSTRACT
The purpose of this study was to determine the partial and simultaneous influence on the decision of Tourist Visits to Blangsinga Gianyar Waterfall Tourism Destinations in terms of tourist attraction and marketing facilities that exist at these tourist attractions because tourist attraction facilities and marketing are variables that can influence tourist visiting decisions. The population in this study were all tourists who visited the tourist destination of Blangsinga Gianyar Waterfall in Bali. Sample determination using random sampling with the Sovlin formula was 100 people, using validity and reliability test analysis techniques, multiple linear
analysis, determination analysis, significance test testing. partial (t-test) and simultaneous significance test (F-test). The results showed that partially the influence of tourist facilities on the decision of tourist visits by regression X1 of 0.509, and the influence of marketing partially on decisions of tourist visits by regression of X2 of 0.159, and simultaneously the influence of tourist facilities and marketing on tourist visiting decisions by linear regression. multiple of, Y=1,858+0,509X1+0,159X2, and by determination of,64.9 and the remaining
35.1 is determined by other variables. And the suggestions in this study are, so that the manager of the Blangsinga Gianyar Waterfall Destination pays more attention to the completeness of tourist attraction facilities, and adjusts the marketing process according to current technological developments, so that tourism objects are better known and increase tourist visits in the days to come. .
Keywords: Tourist Attraction Facilities, Marketing, Visiting Decisions, Tourists.
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan Kunjungan Wisatawan ke Destinasi Wisata Air Terjun Blangsinga Gianyar Bali ditinjau dari Fasilitas obyek wisata dan Pemasaran yang ada pada tempat wisata tersebut karena Fasilitas obyek wisata dan Pemasaran adalah variabel yang dapat mempengaruhi keputusan kunjungan wisatawan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan yang berkunjung ke Destinasi wisata Air Terjun Blangsinga Gianyar Bali, Penentuan Sampel dengan mempergunakan Sampling acak dengan rumus Sovlin sebanyak 100 orang, dengan teknik analisis uji validitas dan uji reliabilitas, analisis linier berganda, analisis determinasi, pengujian uji signifikansi parsial (t-test) dan uji signifikansi simultan (F-test). Hasil penelitian menunjukan secara parsial pengaruh fasilitas obyek wisata terhadap keputusan kunjungan wisatawan secara Regresi X1 sebesar 0,509, dan pengaruh pemasaran secara parsial terhadap keputusan kunjungan wisatawan secara regresi X2 sebesar 0,159, dan secara simultan pengaruh fasilitas obyek wisata dan pemasaran terhadap keputusan kunjungan wisatawan secara regresi linier berganda sebesar, Y=1,858+0,509X1+0,159X2, dan secara determinasi sebesar,64,9 dan sisanya sebesar 35,1 ditentukan oleh variable lainnya. Dan saran dalam
penelitian ini adalah, agar, pengelola Destinasi Air Terjun Blangsinga Gianyar lebih memperhatikan kelengkapan fasilitas obyek wisata, dan menyesuaikan proses pemasaran sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, sehingga obyek wisata lebih dikenal dan menambah kunjungan wisatawan di hari yang akan datang.
Kata Kunci: Fasilitas Obyek Wisata, Pemasaran, Keputusan Kunjungan, Wisatawan.

Published
2022-04-14