ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMANDU WISATA (STUDI KASUS: INTERAKSI BAHASA INGGRIS DI OBJEK WISATA ALAS KEDATON, TABANAN

  • Luh Mega Safitri Politeknik International Bali
Keywords: Strategi Komunikasi, Pemandu Wisata, Interaksi Bahasa Inggris

Abstract

ABSTRACT
This study aims to investigate the communication strategy used by Tour Guide during
their interaction using English with foreigners in tourism object of Alas Kedaton,
Tabanan. This research conducts a qualitative approach. The data were collected from
observation by using video recorder, field notes and unstructured interview. The writer
used Tarone (1983) theory about types of communication strategy in analyzing the data.
Based on the analysis of data, there were 30 utterances which contained communication
strategies. They were 2 avoidances, 10 paraphrases, 11 conscious transfers, 4 appeal
for assistances and 3 mimes. The result showed that the Tour Guide employ
communication strategy in English consist of verbal communication strategy and
nonverbal communication strategy. Communication strategies are used by tour guides
to overcome communication boundaries that might happen during interaction. Factors
that affected the communication strategies include 3 reasons, namely: lack of grammar,
vocabulary, and confidence.
Key word: Communication Strategy, Tour Guide, English Interaction
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan oleh
pemandu wisata selama berinteraksi menggunakan Bahasa Inggris dengan wisatawan
asing di objek wisata Alas Kedaton, Tabanan. Penelitian ini dilakukan melalui
pendekatan kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi dengan
menggunakan perekam video, catatan dan wawancara tidak terstruktur. Penulis
menggunakan teori Tarone (1983) tentang jenis-jenis strategi komunikasi dalam
menganalisis data. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat 30 kalimat yang
menggunakan strategi komunikasi. Jenis strategi komunikasi meliputi 2 penghindaran,
10 paraphrase, 11 penerjemahan langsung, 4 seruan untuk bantuan dan 3 pantomim.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemandu wisata menggunakan strategi
komunikasi dalam Bahasa Inggris yang terdiri dari strategi komunikasi verbal dan
strategi komunikasi nonverbal. Strategi komunikasi digunakan oleh pemandu wisata
untuk mengatasi masalah dalam komunikasi yang mungkin terjadi selama berinteraksi.
Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi komunikasi meliputi 3 alasan yaitu;
kurangnya penguasaan tentang tata bahasa, kosa kata dan kepercayaan diri.
Kata kunci: Strategi Komunikasi, Pemandu Wisata, Interaksi Bahasa Inggris

Published
2021-04-30