PENGARUH KUALITAS LAYANAN PUBLIK DI KANTORDESA BAJERA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT

  • Luh Kadek Budi Martini
  • A.A Istri Ngurah Dyah Prami
  • Ummi Latifah
Keywords: Kualitas Layanan Publik, Kepuasan Masyarakat.

Abstract

ABSTRACT
This study aims to determine the effect of independent variables such as physical
ability, reliability, responsiveness, assurance and empathy on the number of
community satisfaction visits at the Bajera Village Office. This research is a
descriptive analysis research using a quantitative approach. Data collection using a
questionnaire. The sample in this study amounted to 100 people and the validity test
used Alpha Cronbach. Data analysis using multiple linear regression. The variable of
physical ability has a positive and insignificant effect on community satisfaction, it is
obtained a sig.t value of 0.256 with a sig value of 0.799> α (0.05)meaning that H0 is
accepted. The guarantee variable has a positive and insignificant effect, where the sig.t
value of 0.651 with a sig value of 0.517> α (0.05) means that H0 is accepted. The
simultaneous test itself has a significant positive effect simultaneously (simultaneously)
of physical ability, reliability, responsiveness, assurance and empathy, the results of
the F-count value of 23.800and sig 0.000 on community satisfaction.
Keywords: Public Service Quality, Community Satisfaction.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas seperti kemampuan
fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap jumlah kunjungan
kepuasan masyarakat di Kantor Desa Bajera. Penelitian ini merupakan penelitian
analisis deskritif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data
menggunakan koesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah100 orang dan Uji
validitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan regresi linier
berganda. Variabel dari kemampuan fisik berpengaruh positif dan tidak signifikan
terhadap kepuasan masyarakat diperoleh nilai sig.t sebesar 0,256 dengan nilai sig
0,799 > α (0,05) artinya H0 diterima. Variabel jaminan berpengaruh positif tidak
signifikan dimana diperoleh nilai sig.t 0,651 dengan nilai sig 0,517 > α (0,05) artinya
H0 diterima. Uji simultan sendiri terdapat pengaruh positif signifikan secara besamasama (simultan) dari kemampuan fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati
hasil nilai F-hitung sebesar 23,800 dan sig 0,000 terhadap kepuasan masyarakat.
Kata Kunci: Kualitas Layanan Publik, Kepuasan Masyarakat.

Published
2021-04-30